Jika kamu sering melihat label arabika tertera kemasan kopi, itu adalah informasi jenis kopi. Kadang dapat kita temukan juga tempat dimana kopi itu ditanam selain label jenis kopi. Di dunia ini ada ratusan jenis kopi, namun hanya dua jenis yang paling banyak diproduksi. Arabika dan Robusta. Mau tahu bedanya, berikut 10 perbedaan antara kopi arabika dan robusta.

Kopi kobusta memiliki rasa yang lebih pahit daripada kopi Arabika yang rasanya cenderung lebih asam. Untuk menikmati kopi robusta kamu bisa menambahkan susu atau krim dengan gula untuk mengurangi rasa pahitnya.

 

Cafein yang terkandung di dalam kopi robusta lebih tinggi dibanding kopi arabika. Biji kopi robusta mengandung cafeing sebanyak 2,7%, hampir dua kali kandungannya dalam biji kopi arabika yang hanya 1,7%. Ini yang membuat kopi robusta terasa lebih pahit.

 

Kopi Arabika mengandung lemak hampir 60% dan memilik kandungan gula dua kali lebih banyak daripada kopi robusta. Maka tidak heran jika, orang-orang lebih suka kopi arabika.

 

Harga biji kopi robusta hanya separuh dari harga komoditi kopi arabika.

 

Kopi Robusta lebih mudah dibudidayakan oleh petani. Selain tidak harus di dataran tinggi, tanaman kopi robusta lebih tahan terhadap hama karena memiliki kandungan kafein yang lebih banyak. Kafein sendiri adalah racun bagi hama tanaman kopi.

 

Kopi robusta banyak terdapat di supermarket maupun di warung-warung karena harganya yang murah. Dalam esspresso blend juga terdapat kopi robusta di dalamnya untuk menekan harga. Kopi arabika hanya bisa kita temui di supermarket besar atau di kedai kopi.

 

Bentuk biji kopi Robusta lebih besar dan bundar dibanding kopi Arabika yang cenderung lebih lonjong.

 

Tinggi tanaman kopi Arabika kurang lebih 2,5 4,5 meter. Tanaman kopi Robusta bisa tumbuh hingga 6 meter.

 

Kandungan anti-oksidan kopi Robusta bisa mencapai 10%. Kopi robusta paling banyak hanya 8% mengandung anti-oksidan

 

Kopi Arabika paling banyak diproduksi di dunia, mencapai 75% sisany 25% kopi Robusta. Brasil adalah negara paling banyak penghasil kopi Arabika, sedangkan Vietnam paling banyak menghasilkan kopi Robusta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here