4 Film Bercerita Kopi

Kadang kopi terlalu berharga untuk dinikmati selain dengan menyeruput dan meninggalkam sisa pahitnya di lidah. Cara lain yang terbaik adalah menuangkannya dalam cerita, obrolan dan kehangatan. Berbagi pengalaman tentang harum, kental dan pahit nya biji tropis ini. Sangat jarang kita jumpai film yang membuat tema besar tentang kopi. Berikut adalah 4 film tentang kopi yang jarang kita temui dan yang patut anda lihat.

 

 

1

Biji Kopi Indonesia – Aroma Of Heaven

Film berdurasi sekitar 65 menit ini menceritakan beragam latar mengenai kopi dan Indonesia. Beragam daerah sentra penghasil kopi di Indonesia diperlihatkan termasuk hubungannya dengan kebudayaan setempat. Para pakar, peneliti dan penduduk aslipun ditampilkan disini untuk membicarakan mengenai kopi dan filosofinya bagi mereka masing-masing. Bahkan terdapat sejarah bagaimana kopi akhirnya bisa menjadi bagian tak terpisahkan dari Indonesia. Dan keseluruhan cerita tersebut terangkum dalam film ini termasuk panorama dan lanskap tanah Indonesia.

 

 

2

A Film About Coffee

Sebuah film dokumenter tentang kopi berjudul “A Film About Coffee” baru-baru ini dilansir di Amerika Serikat. Film besutan sutradara yang berasal dari San Francisco, Brandon Loper, ini adalah sebuah surat cinta yang bisa kita jadikan bahan perenungan. Loper mengajak para penontonnya untuk melakukan perjalanan keliling dunia, mulai dari perkebunan kopi di Honduras dan Rwanda, sampai ke kedai-kedai kopi di Tokyo, Portland, Seattle, San Francisco, dan New York. Melalui mata dan pengalaman para petani kopi dan sejumlah barista, film ini menawarkan pandangan yang unik terhadap semua elemen dari kopi: mulai dari prosesnya, pilihannya, persiapannya, tradisinya, sehingga tercipta kopi yang nikmat. Film ini juga diharapkan dapat menjembatani semua pencinta kopi yang mempunyai tingkat intelektual dan letak geografis yang berbeda.

 

 

3

Filosofi Kopi

Film ini diangkat dan diadaptasi dari cerita pendek Filosofi Kopi karangan Dewi Lestari. Bercerita tentang kedai Filosofi Kopi yang didirikan oleh Jody dan Ben terlilit hutang ratusan juta rupian. Di tengah perjuangan mengatasi hutang dan belitan konflik di antara mereka, seorang pengusaha muncul dengan tantangan yang sanggup menyelamatkan Filosofi Kopi. Dengan keahliannya meracik kopi Ben berhasil memenangkan satu miliar dari sang pengusaha, sampai kehadiran El yang mengatakan ada kopi yang lebih baik ketimbang mahakarya Ben meruntuhkan semuanya. Ben dan Jody tidak punya pilihan selain pergi mencari Kopi Tiwus yang akan menentukan kelangsungan Filosofi Kopi dan persahabatan mereka.

 

 

4

Hot Coffee

Film dokumenter yang disutradari oleh Susan Saladof ini mengangkat isu dai dampak reformasi dan gugatan dalam sistem peradilan di Amerika Serikat. Salah satu isu yang ditampilkan di dalam film yang ditayangkan pada Festival Film Sundance 2011 ini adalah kasus Liebeck versus McDonald. Yaitu Liebeck menggugat Restoran McDonald karena dia mengalami luka bakar parah setelah terkena tumpahan kopi panas yang dia beli dari McDonald. Sebuah film dokumenter menarik yang tak hanya menyisipkan kopi di dalamnya tetapi mengangkat langsung peristiwa yang mewakili zamannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *