4 Jenis-Jenis Kopi Nusantara Yang Memiliki Cita Rasa Khas

Jenis-Jenis Kopi Nusantara—Sejak zaman dahulu, Indonesia terkenal akan kekayaan alam dan juga kesuburan tanahnya. Maka tidak heran jika bangsa-bangsa Eropa banyak yang bertarung memperebutkan Indonesia, karena Indonesia memiliki rempah-rempah, gula, teh, kopi, dan cokelat terbaik di dunia. Walaupun sebenarnya kopi dan juga teh bukanlah tanaman asli Indonesia, namun sejak di bawa ke Indonesia oleh Belanda, kopi dari Indonesia telah menjadi primadona di kalangan pecinta kopi dunia. Selain itu juga, karena keunikan letak geografis dan struktur tanah yang dimiliki, menjadikan kopi yang ditanam di setiap daerahnya memiliki jenis dan cita rasa tersendiri. Nah kira-kira apa saja jenis-jenis kopi nusantara yang menjadi primadona dunia tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

 Kopi Gayo

kopi gayo

kopi gayo

Kopi Gayo atau banyak juga yang menyebutnya sebagai kopi Aceh Gayo adalah kopi nusantara yang sudah sangat terkenal dan juga tersohor di dunia. Kopi Gayo juga menjadi salah satu kopi yang paling banyak dikonsumsi dan juga paling banyak dijual di berbagai kedai kopi di tanah air. Selain itu kopi Gayo juga menjadi jenis kopi nusantara yang paling banyak di ekspor ke luar negeri.

Aroma yang dimiliki oleh kopi Gayo sangatlah khas dan juga sangat tajam. Selain itu cita rasanya pun sangat unik dan berbeda dengan kopi-kopi lainnya. Kopi Gayo sendiri merupakan varietas kopi arabica, sehingga rasanya cederung lebih kuat akan tetapi tingkat keasamannya cukup rendah.

Kopi Bali

kopi bali

Bali yang terkenal akan keindahan alam pantainya pun sebenarnya memiliki produk kopi. Kenikmatan kopi Bali bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara. Kopi Bali ini banyak ditanam di daerah Kintamani yang memilik suhu udara lebih sejuk daripada daerah-daerah lainnya di Bali. Banyak orang yang menyukai kopi Bali karena kopi satu ini memiliki cita rasa buah-buahan yang asam dan cenderung menyegarkan. Cita rasa buah-buahan ini diperoleh karena kopi Bali ditanam bersamaan dengan tanaman lainnya diantaranya adalah buah-buahan dan juga sayuran. Sistem tanam ini dinamakan dengan sistem tanam tumpang sari. Maka dari itu, biji kopi Bali juga bisa menyerap cita rasa dari tanaman lainnya, misalnya adalah jeruk.

Kopi Sumatera

kopi sulawesi

kopi sumatera

Jenis-jenis kopi nusantara memang lebih banyak ditanam di Pulau Sumatera dibandingkan dengan di pulau-pulau lainnya di Indonesia. Maka dari itu tidak mengherankan jika masyarakat Pulau Sumatera memiliki tradisi minum kopi yang sangat kental. Kopi Sumatera pun sangat terkenal dan banyak juga dijual di kedai-kedai kopi. Jenis kopi Sumatera yang paling terkenal selain kopi Aceh Gayo adalah kopi Sidikalang. Mandailing dan juga kopi Lintong. Ketiga jenis kopi tersebut memiliki cita rasa yang khas dan cenderung lebih pahit daripada kopi-kopi lainnya. Teksturnya sangat halus dengan aroma yang tajam dan sedikit memiliki cita rasa rempah.

Kopi Sulawesi

kopi sulawesi

kopi sulawesi

Terakhir adalah kopi Sulawesi. Kopi yang paling terkenal dari Sulawesi adalah kopi Toraja. Biji kopi Toraja relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan biji kopi lainnya. Maka dari itu, kopi Toraja memiliki kadar keasaman yang cukup tinggi. Kadar keasaman yang cukup tinggi ini juga berpengaruh pada aroma kopi di mana aroma kopi Toraja sangat tajam dan earthy. Aroma yang tajam inilah yang membuat banyak ahli kopi tertarik akan kopi nusantara satu ini.

Nah itulah dia beberapa jenis-jenis kopi nusantara yang sudah tersohor akan kenikmatannya di berbagai negara di dunia. Kini kopi juga telah menjadi ikon khas dari Indonesia, dengan ikut melestarikan kopi, maka kita juga  ikut melestarikan kekayaan Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *