4 Kopi Indonesia Yang Mendunia Ini Harus Kamu Coba

Kopi Indonesia Yang Mendunia‚ÄĒIndonesia terkenal menyimpan berbagai macam keindahan flora dan juga fauna. Selain keindahan flora dan fauna, Indonesia diberkahi akan berbagai hasil bumi yang melimpah. Salah satu hasil bumi tersebut adalah kopi. Meskipun konsumsi kopi dalam negeri tidak sebesar negara-negara di Eropa, namun Indonesia menjadi salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia. Bahkan kepopuleran kopi dari Indonesia telah mencuri banyak perhatian dari masyarakat dunia. Nah, lantas apa saja kopi Indonesia yang mendunia tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Kopi Luwak

Kamu sudah pasti tidak akan asing lagi dengan kopi satu ini. kopi Luwak adalah kopi Indonesia yang mendunia dan telah dikenal sebagai kopi terbaik di dunia sejak tahun 1969. Kopi Luwak sendiri berasal dari Pulau Jawa dan juga Sumatera.

Kopi Luwak

Kopi Luwak

Selain menjadi kopi terbaik, kopi luwak juga menjadi kopi termahal yang pernah ada. Harganya bisa mencapai 1 juta untuk setiap kilogramnya. Hal ini sangatlah wajar, karena dalam proses pembuatannya pun sangat unik, sehingga membuat orang-orang semakin tertarik akan kopi ini.

Sebelum diolah menjadi minuman, sebelumnya biji kopi yang sudah masak harus dimakan oleh luwak terlebih dahulu kemudian kotoran luwak yang mengandung biji kopi yang tidak tercerna dengan baik itulah yang kemudian diolah menjadi minuman kopi. Proses fermentasi biji kopi di dalam perut luwak inilah yang menjadikan kopi luwak memiliki cita rasa kopi yang lembut dan juga eksotis.

Aceh Gayo

Aceh Gayo

Seperti namanya, kopi satu ini berasal dari Aceh. Terdapat 2 macam kopi Aceh Gayo yaitu kopi Gayo sendiri yang berjenis kopi arabica dan juga kopi Ulee Kareeng yang berjenis robusta. Walau demikian, varietas arabica lebih mendominasi daripada robusta. Kopi Gayo sendiri menjadi jenis kopi dengan produksi paling besar se-Asia dan menjadi kopi khas Indonesia yang cukup banyak digemari oleh berbagai kalangan. Karena kualitasnya inilah, kopi Aceh Gayo disebut sebagai kopi organik terbaik di dunia.

Kopi Toraja

Selain kopi Aceh Gayo, kopi dari Tana Toraja juga menjadi salah satu kopi terbaik di dunia. Puncak kepopulerannya terjadi pada tahun 2012 silam, di mana single origin dari Toraja Sapan mendapatkan nilai cupping tertinggi dalam sebuah acara lelang kopi yang diadakan di Surabaya. Sejak saat itulah masyarakat pecinta kopi mulai memperhatikan kopi satu ini.

Kopi Toraja

Nilai cupping yang sangat tinggi tersebut didapat karena kopi Toraja memiliki karakter yang eksotis. Bahkan rasanya hampir mirip dengan tipikal kopi dari Afrika. Maka dari itu tidak mengherankan jika salah satu perusahaan penjual kopi daring dari New Orleans Amerika memasukan kopi Toraja pada salah satu iten jualan utama mereka.

Kopi Bali Kintamani

Seperti halnya kopi Gayo, dinamakan kopi Bali Kintamani karena memang kopi satu ini berasal dari daerah Kintamani di Bali. Kopi Bali Kintamani sendiri mulai dibudidayakan sejak abad ke 20. Varietas arabica satu ini memiliki rasa yang lembut dan juga manis karena diproduksi dengan sistem Subuk Abian sehingga mendorong perkembangan kopi secara organik. Kopi Bali Kintamani ini telah memenuhi standar internasional pada tahun 2008 lalu yang ditandai dengan didapatkannya sertifikat Geographical Indication ( G I ).

Kopi bali kintamani

Nah itulah dia berbagai  kopi Indonesia yang mendunia. Sebagai warga negara yang baik, tentunya haruslah berbangga karena produk-produk yang dihasilkan di Indonesia tidak kalah baiknya dengan produk-produk luar negeri. Maka dari itu sudah saatnya untuk lebih bangga dan mencintai produk-produk dalam negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *