5 Cara Pembuatan Kopi Untuk Menciptakan Cita Rasa Kopi Sempurna

Cara Pembuatan Kopi—Siapa yang tidak mengenal kopi? Sudah dapat dipastikan semua orang mengenal minuman berwarna hitam dan memiliki rasa pahit satu ini. Kopi sendiri merupakan minuman yang sangat populer. Terlebih lagi setelah ada film Filosopi Kopi, kepopuleran kopi semakin terangkat dan kini minum kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup yang dianggap modern. Khusus untuk para pecinta dan juga penikmat kopi, ada beberapa cara pembuatan kopi yang dianggap mampu menampilkan karakteristik dari kopi itu sendiri. Adapun cara-cara dalam pembuatan kopi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini.

French Press

French Press

French Press

Cara pembuatan kopi satu ini merupakan cara yang umum dilakukan dan sangat sering ditemui di kedai-kedai kopi. Nama lain dari French Press adalah Plunger ataupun Cafetiere. Keunggulan cara membuat kopi satu ini adalah dapat mengekstrak berbagai cita rasa yang terdapat pada kopi bubuk, sehingga rasa dari kopi dapat dikeluarkan dengan sempurna. Alat yang digunakan untuk membuat kopi dengan cara French Press juga sangat mudah ditemukan dipasaran dengan harga yang sangat terjangkau.

Drip Method

Metode satu ini menjadi salah satu metode yang juga sering digunakan di kedai-kedai kopi selain French Press. Drip Methode sering kali juga disebut sebagai Filter Method karena memang pembuatannya menggunakan proses penyaringan atau filter. Hingga kini Drip Method menjadi salah satu metode yang paling sering digunakan selain French Press.

Drip Method

Untuk membuat kopi dengan metode ini, caranya adalah tuangkan kopi bubuk di atas kertas saring yang dibawahnya telah diberikan bejana kopi. Setelah itu tuangkan air panas di atas bubuk kopi tadi.

Percolator

Percolator

Percolator

Metode pembuatan kopi satu ini sebetulnya telah lama ditemukan, bahkan sebelum Drip Method. Namun setelah ada Drip Method, cara ini mulai ditinggalkan karena dianggap dapat menghilangkan cita rasa kopi itu sendiri. Cara pembuatannya adalah masukan gula, kopi dan juga air ke dalam alat percolator, kemudian didihkan. Selama proses mendidihkan tersebut, aduk rata kopi, gula dan air tadi.

Espresso

espresso

Mungkin banyak orang yang menganggap bahwa Espresso adalah nama dari salah satu jenis kopi. Padahal sebetulnya Espresso adalah salah satu cara untuk membuat kopi. Cara ini menggunakan mesin yang juga disebut sebagai mesin Espresso. Mesin Espresso sendiri ada 2 jenis yaitu mesin otomatis dan juga manual. Walaupun ada 2 jenis, tapi yang lebih sering digunakan adalah mesin otomatis karena dianggap lebih praktis. Walaupun demikian, kelihaian tangan seorang pembuat kopi tetaplah menentukan cita rasa dari secangkir kopi yang dihasilkan.

Vacuum Method

vacuum method

vacuum method

Metode Vacuum sering kali disebut dengan metode Syphon. Metode satu ini cukup unik karena dalam pembuatannya dibutuhkan kesabaran untuk menghasilkan secangkir kopi tanpa ampas. Alat yang digunakan pun tidak terlalu mahal dan dapat dengan mudah ditemukan dipasaran. Cara pembuatannya pun sangat mudah. Cukup tempatkan bubuk kopi pada bagian atas tabung dan air pada bagian bawah, selanjutnya didihkan air pada bagian bawah, hingga uapnya memasuki tabung bagian atas yang sudah ada kopinya. Selanjutnya jika semua air pada tabung bawah mulai habis dan uap air telah berkumpul di bagian atas, hentikan proses mendidihkan air tersebut dan tunggu hingga air kopi turun kembali pada tabung bagian bawah.

Nah, itulah dia berberapa cara pembuatan kopi. Tentunya berbeda cara pembuatan, maka cita rasa yang akan dihasilkan pun akan berbeda. Itulah dia hal yang menjadi keunikan dari pembuatan kopi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *