6 Kopi Indonesia Paling Enak Yang Harus Kamu Coba

Kopi Indonesia Yang Paling Enak—Indonesia yang memiliki anugerah berupa tanah yang sangat subur, memungkinkan tanaman apapun dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di sini. Tidak terkecuali juga dengan kopi. Dari ujung barat Indonesia, hingga ujung timur Indonesia, semua orang suka meminum kopi karena memang dari ujung barat hingga timur Indonesia terdapat banyak sekali perkebunan kopi dengan jenis dan juga cita rasanya tersendiri. Semua jenis kopi tersebut, pada dasarnya sangatlah enak karena karakteristiknya tersendiri. Namun tahukah anda apa kopi Indonesia yang paling enak? Berikut ulasannya.

Kopi Lintong

Kopi Lintong

Kopi Lintong

Tidak banyak memang yang mengenal jenis kopi satu ini. Kopi ini digadang-gadang menjadi salah satu kopi Indonesia yang paling enak. Kopi Lintong merupakan kopi yang cukup terkenal di dunia karena memiliki cita rasa yang sangat unik, yaitu perpaduan rasa pedas serta aroma rempah-rempah yang cukup kuat dengan tingkat keasaman yang tidak terlalu tinggi. Seperti namanya, kopi jenis ini berasal dari Kabupaten Lintong Nihuta yang berada di bagian selatan-barat Danau Toba.

Kopi Gayo

Kopi Gayo

Kopi Gayo

Seperti yang telah kita tahu bersama, kenikmatan kopi Aceh Gayo memang tiada duanya. Bahkan saking nikmatnya, varietas kopi arabika yang ditanam di dataran tinggi Gayo, Aceh ini telah mendapatkan Fair Trade Certified dari organisasi Internasional Fair Trade karena kenikmatannya yang digemari oleh para pecinta kopi di seluruh dunia. Kopi gayo memiliki rasa yang lebih pahit tetapi tetap gurih. Aromanya pun sangat khas dan kuat.

Kopi Sindikalang

Kopi Sindikalang

Kopi Sindikalang

Selain kopi Lintong dan juga kopi Gayo, pulau Sumatera memiliki jenis kopi lainnya yang juga tidak kalah enaknya. Kopi tersebut adalah kopi Sindikalang. Kopi ini juga menjadi salah satu kopi dengan varietas arabica asli Indonesia yang banyak digemari oleh pecinta kopi di seluruh dunia. Kopi Sindikalang adalah kopi yang memiliki kualitas sangat tinggi karena di tanam di daerah pegunungan yang memiliki banyak sekali kandungan mineralnya. Maka tidak heran jika kopi Sindikalang memiliki cita rasa dan juga aroma yang sangat kuat.

Kopi Toraja

Kopi Toraja

Selain dari tanah Sumatera, kopi terenak juga datang dari daerah timur Indonesia, tepatnya dari Tana Toraja, Sulawesi. Kopi Toraja juga dikenal sebagai salah satu jenis kopi dengan varietas arabica terbaik di dunia. Ketika di seduh, kopi Toraja memiliki tekstur yang sangat kental dan ampasnya akan langsung mengendap di dasar gelas. Cita rasanya seperti campuran dari keseimbangan rasa cokelat hitam dan juga buah-buahan. Cara terbaik untuk menikmati kopi Toraja adalah dengan meminumnya tanpa gula karena sensasi gurih dan juga segarnya akan sangat terasa.

Kopi Jawa

Kopi jawa

Tanah Jawa juga tidak kalah dalam menghasilkan kopi dengan citarasa terenak. Kopi Jawa atau yang lebih sering dikenal sebagai Java Arabica tumbuh subur di berbagai derah di Pulau Jawa. Namun kabarnya kopi Jawa terbaik adalah kopi yang ditanam di sekitar kawah Ijen, Jawa Timur. Kopi ini memiliki perpaduan rasa yang pedas saat di lidah, namun meninggalkan rasa manis yang lembut setelah ditelan. Karena keunikannya inilah, banyak sekali para pecinta kopi dari seluruh dunia yang datang hanya untuk mencicipi kenikmatan Java Arabica ini.

Kopi Luwak

Kopi Luwak

Kopi Luwak

Terakhir adalah kopi Luwak. Kopi Luwak yang hadir dari hasil permentasi kopi di dalam perut Luwak, digadang-gadang sebagai kopi dengan cita rasa terbaik di dunia.  Jenis kopi ini memang hadir dari kopi yang dikeluarkan bersama kotoran Luwak. Walau begitu, sebelum di konsumsi, kopi luwak telah mengalami berbagai proses pembersihan, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi.

Nah itulah dia jenis-jenis  kopi Indonesia yang paling enak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *