6 Kopi Indonesia Terbaik di Dunia Ini Harus Kamu Cicipi

Kopi Indonesia Terbaik di Dunia—Selain dikenal akan kekayaan rempah-rempah, Indonesia juga dikenal kaya akan berbagai jenis kopinya. Maka dari itu tidak mengherankan jika Indonesia menjadi salah satu negara yang telah berhasil menjadi produsen biji kopi  terbaik di dunia. Indonesia sendiri berada di urutan ke 4 sebagai negara yang memproduksi kopi ternikmat di dunia. Nah, lantas apa saja kopi Indonesia terbaik di dunia tersebut? Berikut ulasannya.

Kopi Luwak

kopi luwak

kopi luwak

Sudah tidak perlu diragukan lagi jika kopi Luwak memang menjadi kopi terbaik di dunia dari Indonesia. Selain menjadi kopi terbaik, kopi luwak juga menjadi salah satu kopi termahal di dunia. Walaupun demikian, semua harga mahal yang ditawarkan akan terbayar lunas dengan rasanya yang khas dan juga lembut. Rasa yang khas tersebut dipengaruhi oleh proses fermentasi yang langsung dilakukan di dalam perut si Luwak itu sendiri.

Kopi Gayo

kopi gayo

kopi gayo

Kopi Gayo telah dikembangkan sejak tahun 1908 di Aceh. Kopi ini menjadi kopi yang paling terkenal setelah kopi Luwak. Ketika di test cupping pun kopi Gayo memiliki nilai yang tinggi karena aroma dan kenikmatannya yang khas dan hampir memiliki cita rasa kopi dari seluruh dunia. Hal tersebut dibuktikan dari beberapa kali kopi Gayo memperoleh penghargaan sebagai kopi terbaik di dunia. Salah satunya adalah pada saat pameran kopi dunia yang diselenggarakan oleh Specialty Coffee Association of America ( SCAA ) di Portland, Oregon Convention Center, America, kopi Gayo mendapatkan harga yang paling mahal diantara kopi-kopi lainnya. Negara-negara tujuan ekspor kopi Gayo adalah Amerika Serikat dan juga Uni Eropa.

Kopi Preanger

Kopi Preanger

Kopi Preanger

Kopi Preanger adalah salah satu jenis kopi dari Pulau Jawa yang juga terkenal di dunia. Bahkan eksistensi dari kopi Preanger telah ada sejak zaman pendudukan Belanda di Indonesia. Rasa kopi Preanger ini sendiri sangat nikmat dan juga khas. Maka dari itu tidaklah mengherankan jika kopi Java Preanger sangat terkenal di daratan Eropa. Bahkan di sana kopi ini mendapat julukan a cup of Java.

Kopi Java

Kopi java

Kopi java

Jenis kopi ini berbeda dengan kopi Preanger, walaupun sama-sama berasal dari Pulau Jawa. Kopi Java merupakan varietas kopi arabica. Produksi kopi Java sendiri telah dimulai sejak abad ke 17 di mana pada saat itu Pulau Jawa sepenuhnya berada di dalam wilayah kekuasaan Belanda. Kopi Java juga terkenal akan kenikmatan rasanya. Saking terkenalnya, kini kata Java telah menjadi salah satu bahasa slang dalam bahasa Inggris untuk menyebut secangkir kopi.

Kopi Sidikalang

kopi sidikalang

kopi sidikalang

Kopi Sidikalang juga menjadi kopi Indonesia terbaik di dunia. Kopi ini ditanam di sekitar Bukit Barisan dengan udara yang sejuk dan juga tanah yang kaya akan mineral. Maka tak heran jika kopi Sidikalang memiliki kualitas terbaik dan masuk dalam jajaran kopi terbaik di dunia. Bahkan tidak sedikit yang menyandingkan kualitas Sidikalang dengan kopi asal Brasil.

Kopi Bali Kintamani

kopi bali kintamani

Kopi Kintamani ini sangat unik karena menjadi salah satu kopi organik yang masih menggunakan sistem pengairan tradisional. Daerah Kintamani yang sangat sejuk menjadikan kopi ini tumbuh subur dan memiliki kualitas yang sangat baik. Rasanya sendiri sangat lembut dan juga tidak terlalu asam. Karena kualitasnya inilah, kini penggemar kopi Bali telah sampai ke daratan Jepang.

Nah itulah dia beragam kopi Indonesia terbaik di dunia yang menjadi khazanah kekayaan Indonesia di bidang kuliner.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *