7 Jenis Minuman Kopi Yang Jarang Ditemui di Kedai Kopi Biasa

Jenis minuman kopi apakah yang biasanya kamu pesan ketika kamu sedang nongkrong di kedai kopi? Americano, Espresso, Cappuccino ataukah  Café Latte? Sebetulnya disamping semua jenis minuman tadi, ada banyak lagi jenis minuman yang terbuat dari kopi. Mau tahu apa sajakah minuman tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Flat White

Flat White coffee

Flat White coffee

Jenis minuman kopi yang peratama adalah Flate Wihite. Sekilas memang minuman satu ini mirip dengan café latte dan cappuccino, karena memang bahan bakunya sama yaitu kopi dan juga susu. Namun sebetulnya Flat White berbeda dengan ke dua jenis minuman tadi. Flate White kali pertama diperkenalkan di Australia dan juga Selandia Baru sekitar tahun 1980 silam. Perlahan-lahan minuman satu ini terus berkembang hingga ke Amerika Serikat.

Perbedaan Flat White dengan ke dua minuman yang disebutkan tadi adalah minuman ini menggunakan rasio susu yang lebih banyak dan juga disajikan tanpa foam. Rasanya sendiri sedikit lebih kuat dari café latte dan juga lebih lembut dari cappuccino.

Ristretto

Ristretto coffee

Ristretto coffee

Sekilas Ristretto memiliki kemiripan dengan espresso. Hanya saja bedanya adalah Ristretto menggunakan air yang lebih sedikit. Jenis minuman kopi ini berasal dari bahasa Italia yang memiliki arti terbatas. Kadang kala Ristretto disebut juga sebagai half espresso karena memang volume air nya hanya setengah dari espresso. Cita rasanya sendiri lebih pekat, singkat dan juga lebih manis dari espresso.

Cortado

Cortado coffee

Cortado adalah minuman kopi yang berasal dari Spanyol. Kata Cortado sendiri memiliki arti memotong. Minuman kopi satu ini dibuat ari campuran espresso dan juga susu hangat. di Italia sendiri minuman ini sering kali disebut sebagai macchiato dengan menggunakan perbandingan susu dan kopi 1:1 ataupun 1:2.

Red Eye

Nama minuman kopi satu ini cukup unik. Untuk kamu yang ingin memompa energi lebih, maka red eye bisa menjadi salah satu pilihan. Minuman ini sebenarnya adalah campuran antara espresso dan juga kopi hitam sehingga biasanya minuman satu ini lebih populer disebut dengan coffee with espresso. Di beberapa negara sendiri red eye dijuluki sebagai black eye, a shot in the dark ataupun eye opener, karena memang minuman satu ini mampu membuat mata melek lebih lama.

Café Cubano

Café Cubano

Minuman kopi ini berasal dari negara Kuba. Rasa Cafe Cubano sedikit manis karena memang masyarakat Kuba terbiasa menikmati kopi dengan menyiapkan gula terlebih dahulu di dalam cangkir-cangkir mereka. Mereka akan menyiapkan satu sendok gula terlebih dahulu di dasar cangkir, lalu kemudian menyiramnya dengan  espresso. Setelah diaduk hingga merata, barulah minuman tersebut dinikmati.

Yuanyang

Yuanyang coffee

Yuanyang adalah salah satu jenis minuman berbahan dasar kopi dari China. Minuman satu ini sangatlah unik karena kopi dan juga teh dicampur menjadi satu dengan rasio yang sama besar. Sering kali Yuanyang dinamakan sebagai minuman yang romantis karena minuman ini selaiknya percintaan antara laki-laki dan juga wanita yang berpadu di dalam satu gelas.

Libbylou

Libbylou

Libbylou

Untu kamu yang menyukai moka. Maka Libbylou adalah pilihan minuman yang paling tepat karena memang minuman ini mencampurkan kopi dan juga moka. Moka akan dicampur dengan one shot espresso dengan kembali diberi white mocha di bagian atasnya. Libbylou menjadikan sajian kopi menjadi sangat berbeda dengan minuman-minuman kopi lainnya.

Nah itulah dia berbagai jenis minuman kopi lainnya selain jenis minuman yang biasa ada di kedai-kedai kopi seperti Americano, Espresso, Cappuccino ataupun  Café Latte.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *