Apa Saja Jenis-Jenis Kopi di Indonesia?

Jenis-Jenis Kopi di Indonesia—Di dunia, secara umum dikenal 4 buah jenis kopi yaitu kopi arabica, kopi robusta, kopi liberika dan juga kopi excelsa. Diantara ke 4 jenis kopi tersebut, konon katanya kopi yang memiliki rasa paling enak adalah kopi liberika yang berasal dari Liberia, Afrika Barat. Indonesia sendiri sebagai sebuah negara yang diberi anugerah dengan letak geografis dan struktur tanah yang baik, memiliki jenis-jenis kopi yang tentu saja tidak kalah enaknya dari kopi-kopi luar negeri lainnya. Di beberapa wilayah Indonesia, kopi tumbuh dengan sangat subur. Selain itu karakteristik kopinya memiliki keunikan tersendiri. Nah, lantas apa saja jenis-jenis kopi di Indonesia tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Kopi Bali Kintamani

Seperti namanya, jenis kopi satu ini memang berasal dari pulau Bali, tepatnya dari daerah Kintamani. Daerah Kintamani ini termasuk ke dalam dataran tinggi dengan hawa yang cukup sejuk. Cita rasanya sangatlah khas, yaitu seperti rasa buah-buahan yang asam dan juga segar.

Kopi Bali Kintamani

Kopi Bali Kintamani

Hal ini terjadi karena kopi Bali Kintamani ditanam bersamaan dengan jenis tanaman lainnya seperti sayuran dan juga buah-buahan. Dengan kata lain, penanamannya menggunakan proses tumpang sari bersama tanaman lainnya. Oleh sebab itulah, rasanya seperti rasa buah-buahan yang ditanam disekitarnya. Selain memiliki cita rasa yang unik, kopi Bali Kintamani juga cenderung memiliki rasa yang lebih lembut dan juga tidak terlalu berat.

Kopi Papua Wamena

Kopi Papua Wamena

Kopi Papua Wamena

Masih banyak lagi jenis-jenis kopi di Indonesia, salah satunya adalah kopi dari Papua, atau tepatnya dari Wamena. Jenis kopi ini tumbuh di ketinggian 1.500 m di atas permukaan tanah dengan suhu udara sekitar 20 derajat celcius. Maka dari itu, karakteristik dari kopi Wamena lebih ke cita rasa yang ringan namun memiliki aroma yang sangat tajam dengan tingkat keasaman yang rendah pula. Hal yang membuat kopi satu ini sangat berkualitas adalah para petani menanamnya secara organik tanpa menggunakan pupuk berbahan kimia sekalipun.

Kopi Aceh Gayo

Jenis-jenis kopi di Indonesia tersebar dari ujung barat Indonesia hingga ujung timur Indonesia. Jika kopi Wamena tadi memiliki aroma yang kuat namun memiliki tingkat keasaman yang rendah, maka berbeda dengan kopi Aceh Gayo yang merupakan jenis kopi dari bagian barat Indonesia.

Kopi Aceh Gayo

Rasa kopi satu ini lebih pahit, dan memiliki kadar keasaman yang cukup tinggi. Dari dulu, tanah Gayo memang terkenal akan penghasil kopi terbaik, bahkan kopi-kopinya banyak yang diekspor ke luar negeri. Maka tak heran jika Gayo menjadi daerah penghasil kopi terbesar di Asia.

Kopi Toraja

Tana Toraja juga  memiliki tanah yang subur sebagai tempat pohon kopi tumbuh. Maka dari itu tidak heran jika kualitas kopi Toraja tidak kalah dengan kopi-kopi lainnya. Rasa kopi Toraja sangat kuat serta memiliki tingkat keasaman yang sangat tinggi. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor kopi Toraja sangat laris di kalangan para penikmat kopi berat.

Kopi toraja

Kopi toraja

Walaupun sering diidentikan dengan rasa kopi Sumatera, namun kopi Toraja memiliki ciri tersendiri, yaitu bentuk bijinya yang lebih kecil serta mengkilat dan juga licin pada bagian kulitnya. Aromanya pun sangat khas, yaitu aroma earthy.

Kopi Jawa

Kopi jawa

Kopi jawa

Pulau Jawa juga memiliki jenis kopi tersendiri. Kopi Jawa memiliki aroma rempah yang alami sehingga membuatnya memiliki karakteristik saat unik. Walaupun aromanya tidak sekuat kopi Toraja atau kopi Aceh Gayo, namun kopi ini tetap diminati karena tidak semua jenis kopi memiliki aroma rempah secara alami.

Nah, sebetulnya masih banyak lagi jenis-jenis kopi di Indonesia yang belum diketahui banyak orang karena biasanya suatu rasa kopi akan dipengaruhi oleh tempat ia tumbuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *