Budaya Ngopi di Dunia

Kopi merupakan fenomena global dan orang-orang sudah meminum kopi berabad-abad lamanya. Kopi sudah menjadi budaya di masyarakat, sehingga kopi memiliki keberagaman dalam cara menikmatinya. Kopi disangrai, diseduh, diminum dengan berbagai cara di tiap belahan bumi

 

 

coffee-culture-USA

Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah negara penikmat kopi. Mereka habiskan miliaran cangkir kopi dalam setahun. Teh memang populer juga di Amerika, tetapi hari mereka tak lengkap tanpa secangkir kopi.

Seiring berkembangnya pekerja freelance, coffeshop menjadi tempat favorit bagi mereka untuk bekerja. Jadi tidak mengherankan mereka mau membayar sekitar 50 ribu rupiah untuk secangkir kopi

 

 

coffee-culture-italy1

Italia

Salah satu hal menarik dalam petualangan adalah mengamati bagaimana negara lain memiliki cara yang berbeda. Di Italia, espresso adalah minuman favorit. Penyajian kopi yang kental, kuat rasa kopinya adalah cara untuk membuka kesibukan hari mereka.

Berbeda dengan Amerika yang menikmati kopi encer dalam cup platik. Di Italia, mereka menggunakan cangkir keramik dalam porsi kecil dan kental sehingga membuat rasa kopi tertinggal di lidah.

 

 

coffee-culture-turkey1

Turki

Ketika di negara lain kopi dinikmati di pagi hari, di turki kopi dihidangkan sebagai pencuci mulut. Bagi mereka, kopi itu hitam seperti neraka, sekuat kematian dan semanis cinta. Disini kopi disajikan sangat panas dan manis setelah makan malam.

 

 

coffee-culture-paris-cafe1

Perancis

Di Perancis mereka suka menikmati kopi kental ala Italia dan kopi encer ala amerika. Kadang mereka menggunakan cangkir yang agak besar untuk mencelupkan donat didalamnya.

Yang menarik adalah, untuk menu kopi yang sama kadang coffeeshop punya tiga harga yang berbeda. Itu tergantung dimana kita mau menikmatinya, di bar, di meja atau di meja luar ruang.

 

 

coffee-culture-london1

Inggris

Penikmat kopi di Inggris sama banyaknya dengan penikmat teh. Teh pertama disajikan di coffee  house. Coffee house biasa menyajikan teh, kopi dan tembakau dari seluruh dunia.

Tidak seperti bar yang selalu ramai, coffee house sangat nyaman untuk meeting, membaca berita dan berbisnis.

 

 

coffee-culture-russia1

Rusia

Dahulu orang Rusia lebih menyukai teh daripada kopi. Tapi setelah puluhan tahun kini berubah. Rusia kini menjadi yang terbanyak dalam mengkonsumsi kopi instan dan coffeeshop sudah menjamur ke seluruh pelosok negeri.

Yang menarik adalah, beberapa coffeeshop disana memiliki cara berbeda dalam menjual dagangannya. Pembeli akan mendapat makanan dan minuman gratis, mereka cuma diharuskan membayar sewa meja. Sangat berbeda dari lainnya, karena ini akan membuat orang tak mau berlama-lama menikmati kopi karena mereka harus bayar sewa meja.

 

 

coffee-culture-bedouin1

Arab Saudi

Di Arab Saudi minuman beralkohol adalah ilegal. Ini membuat kopi menjadi minuman favorit disana. Kopi disajikan pekat dengan kapulaga sehingga sangat pahit, tapi kadang mereka meminumnya diselingi dengan kurma untuk rasa manis. Disini sangat ketat, pria hanya minum dengan pria, wanita hanya dengan wanita dan orang yang lebih tua akan dilayani lebih dahulu.

 

 

coffee-culture-vietnam1

Vietnam

Minuman kopi populer di Vietnam Ca Phe Sua Da. Mereka menuangkan susu di cangkir, lalu diatasnya mereka letakan coffee drip logam khas Vietnam berisi bubuk kopi halus lalu dituangkan air panas diatasnya. Perlahan sari kopi mulai menetes memenuhi cangkir. Setelah penuh, mereka nikmati kopi bersama teman.

 

 

coffee-culture-luwak1

Indonesia

Jika anda menginginkan kopi yang luarbiasa, anda harus merasakn kopi luwak. Kopi termahal di Indonesia. Untuk mendapat secangkir kopi, biji kopi harus diproses dan dicerna oleh musang lalu keluar lagi bersama kotoran. Setelah dibersihkan dan disangrai, biji kopi ini harganya bisa mencapai jutaan rupiah perkilonya. Untuk secangkir kopi luwak biasa dihargai lebih dari seratus ribu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *