Kopi Gayo, Kopi Organik Terbaik

Kopi Gayo adalah komoditi unggulan yang berasal dari Dataran Tinggi Gayo, Aceh. Kopi yang belakangan banyak dicari oleh penikmat kopi nusantara ini telah diakui sebagai kopi organik terbaik di dunia.

Perkebunan kopi gayo yang dikembangkan Belanda sejak tahun 1908 merupakan yang terluas di Indonesia. Awalnya Belanda membuka perkebuna di kawasan Bebesan – Aceh Tengah, namun seiring berjalannya waktu, didasari pengetahuan bertetangga dengan perkebunan Belanda, kebun-kebun kopi rakyat mulai dibuka. Puncaknya setelah kemerdekaan, hutan-hutan dibabat untuk dijadikan kebun kopi.

Kopi Gayo memiliki citarasa khas dengan ciri utama antara lain aroma dan perisa yang kompleks dan kekentalan yang kuat. Faktor ketinggian dan beberapa aspek lain yang menjadikan kopi gayo terbaik, ini dibuktikan dengan beberapa kali kopi gayo meraih penghargaan sebagai kopi terbaik dunia. Meski terjadi krisis di Eropa, tak mengurangi permintaan kopi asal dataran tinggi Tanah Gayo di pasar dunia. Kopi dari daerah gayo juga merupakan kopi termahal di dunia ini terbukti pada saat pameran kopi dunia yang diselenggarakan organisasi Specialty Coffee Association of America.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *