Kadang karena tidak ada teman anda mengurungkan niat ke kedai kopi untuk menikmati seduhan kopi segar barista. Tapi jangan khawatir, anda dapat menyeduh kopi sendiri dengan citarasa tak kalah dengan kedai kopi. Anda dapat menggunakan frenchpress atau plunger. Selain paling mudah penggunaannya, alat seduh ini bisa didapatkan di banyak supermarket besar di kota anda.

Pertama giling 15gram biji kopi yang sudah disangrai dalam ukuran kasar atau coarse. Disini kita menggunakan rasio 1:12, artinya 1gram kopi untuk 12ml air. Setelah selesai digiling, masukan 15 gram bubuk kopi ke dalam french press.

Kedua rebus air hingga mendidih dan tunggu kurang lebih 30 detik setelah mendidih. Kemudian kita tuang perlahan ke dalam french preas yang sudah kita isi bubuk kopi sebelumnya. Tuang air sedikit dahulu hingga menutupi permukaan kopi lalu tunggu, biarkan kopi mengeluar gelembung-gelembung terlebih dahulu. Kemudian kita tuang lagi air hingga 180ml lalu kita aduk agar merata.

Tutup french press lalu biarkan kopi terekstraks selama 4 menit. Setelah itu kita tekan plunger kedalam agar kopi terperangkap kebawah sehingga tidak bercampur dengan air. Barulah kopi siap untuk dituangkan ke cangkir anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here