Kopi Arabika dan Robusta

coffee-plant

Ada lebih dari 100 jenis kopi di dunia, namun hanya dua yang sangat digemari. Arabika dan Robusta.
Inilah 10 perbedaan dari dua jenis kopi tersebut.

  1. Yang pertama adalah soal rasa. Kopi Robusta memliliki rasa lebih pahit dibanding dengan Kopi Arabika. Kopi Arabika lebih terasa asam dan herbal, bahkan terasa sedikit fruity.
  2. Mengapa Kopi Robusta lebih pahit. Ini karena Kopi Robusta memiliki kandungan kafein yang lebih banyak dari Kopi Arabika. Jika Kopi Arabika mengandung 1,5% kafein, Kopi robusta hampir dua kali lipatnya, 2,7% Kafein.
  3. Kopi Arabika mengandung lipid dan gula yang lebih banyak dari Kopi Robusta, mungkin ini mengapa kebanyakan orang lebih memilih Kopi Arabika. Kopi Arabica mengandung lipid 60% lebih dari Kopi Robusta dan mengandung gula hampir dua kali lipat dari Kopi Robusta.
  4. Dari segi harga, Kopi Robusta lebih murah, hampir separuh harga dari Kopi Arabika.
  5. Dalam hal pertanian, Kopi Robusta lebih mudah ditanam dari Kopi Arabika. Kopi Robusta lebih tahan pada hama karena memiliki kandungan kafein yang banyak. Kopi Arabika membutuhkan dataran tinggi tumbuh, berbeda dengan Kopi robusta yang bisa tumbuh di dataran rendah.
  6. Karena Kopi Robusta lebih murah, sering kali Kopi Robusta menjadi campuran pada Kopi Arabika untuk menekan biaya produksi. Hampir semua kopi instan menggunakan Kopi Robusta sebagai campurannya bahkan seluruhnya. Dalam Espresso, Kopi Robusta digunakan sebagai campuran untuk meningkatkan jumlah crema namun ini mengurangi kualitas rasa.
  7. Untuk bentuk, Kopi Robusta lebih bulat dan Kopi Arabika lebih ovale.
  8. Tanaman Kopi Arabika mampu tumbuh 2,5-4,5 meter dan Kopi Robusta mampuĀ  4,5 – 6 meter.
  9. Kopi Robusta mengandung 7-10% anti oksidan dan Kopi Arabika 5,5-8% untuk mencegah serangga
  10. 75% produksi kopi di dunia adalah Kopi Arabika, sisanya 25% Robusta. Brasil adalah pengahasil Kopi Arabika terbanyak dan Vietnam penghasil Kopi Robusta terbanyak.

Dapatkan beragam jenis Kopi Arabika dari Indonesia disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *